5 Tips Mudah Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit Saat Anak Sakit

May 08, 2019

Tangan, Orang Orang, Manusia, Kulit, Dewasa, Jari, Anak


pict : pixabay

Saat anak sakit adalah masa-masa sulit bagi seorang ibu, bagaimana tidak?! Melihat buah hati sakit tentu bukanlah hal yang mudah, ditambah lagi biasanya anak-anak jadi rewel, ingin selalu dekat dengan ibunya sehingga hal ini otomatis membuat gerak ibu terbatas. Ingin makan atau mandi saja rasanya susah sekali saat anak sakit. Di saat seperti ini, penting untuk seorang ibu agar bisa menjaga kondisi tubuh tetap fit dan sehat. Jangan sampai ibu juga ikut sakit, karena jika hal ini terjadi tentu lebih repot.

Lakukan beberapa tips mudah berikut ini untuk menjaga tubuh tetap sehat meski harus disibukkan dengan aktifitas merawat anak yang sedang sakit.

    1. Cukupi Kebutuhan Gizi Dan Nutrisi

Bunda mungkin saja merasa susah sekali untuk bisa makan dengan santai saat anak sakit. Namun, bagaimanapun kondisinya, memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh adalah hal yang penting. Jika memang tidak punya banyak waktu memasak dan makan makanan yang berat, bisa menggantinya dengan menu sarapan yang praktis namun tetap sehat seperti misalnya sereal dan susu, bisa juga dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur.

    2. Istirahat Yang Cukup

Hal yang paling sering dilakukan oleh seorang ibu yang anaknya sedang sakit adalah begadang. Demi menjaga buah hati, seorang ibu rela terjaga dari pagi hingga malam, bahkan seringkali ia tidak tidur sama sekali. Jika memang sulit menemukan waktu untuk beristirahat karena harus menjaga anak, maka cobalah untuk meminta bantuan kepada orang lain, misalnya pasangan, keluarga atau pembantu untuk menjagakan anak sebentar atau jika anak sudah mulai tidur, hendaknya ibu juga ikut tidur. Istirahat yang cukup juga tidak kalah penting membuat tubuh tetap fit dan bugar.

    3.  Konsumsi Vitamin/Suplemen Daya Tahan Tubuh

Tubuh yang lelah sangat rentan terhadap serangan berbagai penyakit, belum lagi jika cuaca sedang buruk. Tentunya faktor lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Tidak ada salahnya mengkonsumsi vitamin atau suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh atau meningkatkan imunitas.

    4. Hindari Stress

Saat anak rewel karena sakit, memang perlu kesabaran ekstra. Jika tidak cukup sabar, bisa jadi malah membuat ibu stress. Tetap tenang dan hindari merasa panik. Kondisi jiwa ibu yang stabil sangat membantu dalam membuat keadaaan tetap terkendali meski anak sedang rewel, butuh perhatian lebih dan sebagainya. Jika memang bunda sudah merasa sangat lelah dan butuh istirahat sejenak, lakukanlah hal-hal sederhana yang mampu membuat tubuh dan fikiran jadi lebih rileks seperti misalnya minum teh atau kopi, bersenandung ria sambil mengajak anak bercanda, mandi air hangat dan lainnya.

    5. Gunakan Pelindung

Apabila anak menderita penyakit menular seperti misalnya batuk, cacar dan lainnya, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan pelindung seperti masker. Hal ini perlu dilakukan sebagai upaya mencegah penyakit menular ke tubuh ibu.

    Semoga 5 tips mudah menjaga tubuh agar tetap sehat dan fit meski anak sedang sakit tadi, bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian. Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca artikel ini hingga tuntas.

You Might Also Like

0 Comments

Like us on Facebook