4 Tips Memilih Pakaian Untuk Wawancara Kerja

September 03, 2019



Wawancara, Pekerjaan, Karir, Bisnis, Kantor, Perekrutan
Pict by : pixabay

Apa yang kamu rasakan saat mendapat panggilan kerja? Pastinya senang tapi juga bisa jadi bingung, terutama bagi yang baru pertama kali mengalaminya. Biasanya, yang sering membuat bingung adalah masalah baju apa yang pantas untuk dikenakan. Mengapa faktor busana menjadi hal penting saat wawancara kerja? Alasannya karena penampilan dapat memberi kesan bagi orang lain, khususnya untuk pihak perusahaan yang melakukan panggilan kerja. So, untuk kamu yang ingin memberi kesan baik saat pertama kali wawancara kerja, coba deh simak tips memilih pakaian untuk wawancara kerja berikut ini.

1.       Pilih Model Pakaian Yang Sesuai Karakter Pribadi

Menurut pemimpin redaksi Vogue bernama Anna Wintour, dalam sebuah acara menyebutkan lebih baik tidak membeli pakaian baru hanya untuk menghadiri wawancara kerja. Menurutnya, akan lebih baik memilih busana yang dapat menonjolkan gaya dan karakter kepribadian sendiri agar orang lain dapat menilai kita apa adanya dan lebih jujur.

2.       Utamakan Busana Sopan

Walaupun pihak perusahaan tidak mencantumkan syarat khusus untuk pakaian yang harus dikenakan saat wawancara kerja, namun tidak ada salahnya untuk tetap selektif dalam memilih busana apa yang ingin dipakai. Penting untuk memperhatikan tempat dimana kita melakukan wawancara kerja, jika berada di Indonesia atau bagian negara timur yang notabene sangat menjaga nilai kesopanan dalam berbusana, maka pilih dan sesuaikan pakaian wawancara kerja agar tetap dalam batas kesopanan. Kamu bisa memilih setelan celana panjang atau rok panjang yang dipadukan dengan kemeja berwarna netral.

3.       Pilih Pakaian Yang Nyaman Digunakan

Kamu mungkin perlu menghabiskan waktu lama saat wawancara kerja nanti, untuk itu pilih jenis pakaian yang tidak hanya sopan dan dapat mewakili kepribadian kamu, tetapi juga harus nyaman dikenakan. Gunakan jenis pakaian yang dapat menyerap keringat jika cuaca sedang panas, serta gunakan pakaian yang ukurannya pas di badan, tidak terlalu besar atau terlalu ketat.

4.       Lengkapi Dengan Aksesoris Pemanis

Untuk semakin membuat penampilan jadi terlihat menarik dan memberi kesan mendalam, lengkapi tampilan busana dengan aksesoris tambahan misalnya bros, dasi atau jam tangan. Meski hal ini terlihat sepele, namun dampaknya bisa jadi sangat besar bagi orang lain yang melihat kamu saat wawancara. Cukup gunakan tambahan akesoris seperlunya saja dan tidak berlebihan agar penampilan tetap terjaga.

You Might Also Like

0 Comments

Like us on Facebook