5 Manfaat Meletakkan Tanaman Hijau di Dalam Rumah

September 03, 2019

Pot, Tanaman, Kaktus, Lezat, Rak, Jendela, Taman, Alam


Pernah memperhatikan rumah yang bagian dalamnya terdapat tanaman hijau? Tentu pernah dong! Nah, kira-kira apa sih alasan pemilik rumah menggunakan tanaman hijau di dalam ruangan? Apakah hanya sekedar untuk hiasan atau ada manfaat lainnya? Untuk menjawab pertanyaan ini, yuk simak penjelasan mengenai manfaat meletakkan tanaman hijau di dalam rumah yang perlu diketahui. Siapa tahu kamu juga tertarik menerapkannya pada hunian kamu saat ini.

1.       Membuat Tampilan Rumah Jadi Natural

Warna hijau alami pada tanaman tidak hanya mampu membuat pemandangan dalam ruangan jadi terlihat segar tetapi juga terkesan natural. Peletakkan tanaman hijau di posisi yang tepat akan semakin mempercantikan tampilan ruang, biasanya tanaman hijau ini diletakkan pada sudut ruangan untuk memberi kesan sejuk dan alami. Untuk ruangan dengan ukuran yang luas, bisa menggunakan jenis tanaman hijau yang sedikit besar, namun jika luas ruangan terbatas atau hanya untuk pemanis tampilan meja, cukup gunakan tanaman kecil seperti kaktus hias.

2.       Sebagai Suplay Oksigen

Kemampuan tanaman hijau dalam menghasilkan oksigen pada siang hari tentunya sangat bermanfaat sekali untuk tambahan kadar oksigen dalam ruangan. Inilah salah satu manfaat lainnya dari meletakkan tanaman hijau di dalam rumah. Tidak hanya suhu ruangan saja yang jadi sejuk, tetapi kebutuhan oksigen dalam ruangan juga terpenuhi dengan baik.

3.       Memberikan Efek Teduh

Coba perhatikan ruangan yang dilengkapi dengan tanaman hijau dengan yang tidak, bagaimana pendapat kamu? Tentu berbeda bukan?! Disadari atau tidak, keberadaan tanaman hijau dapat memberikan efek teduh terutama pada kondisi cuaca yang sedang panas. Untuk itulah, pada perumahan yang berada di kawasan tropis, sangat cocok menerapkan tanaman hijau sebagai pelengkap ruangan di dalam rumah.

4.       Sebagai Aromaterapi


Bagi beberapa jenis tumbuhan, ada yang mengeluarkan aroma wangi seperti misalnya mawar, melati, lavender dan lainnya. Aroma wangi alami yang berasal dari tumbuhan dapat menjadi semacam aromaterapi. So, pemilik rumah tidak perlu repot harus menyemprotkan parfum ruangan jika dari tanaman hijau yang diletakkan pada rumah sudah bisa mengeluarkan aroma wangi alami.

5.       Meningkatkan Kualitas Udara di Dalam Ruangan

Tanaman hijau pada proses fotosintesis bekerja mengeluarkan oksigen dan menyerap karbon dioksida. Dimana melalui proses ini pula, kualitas udara menjadi lebih baik. Karbondioksida yang seringkali menjadi komponen pencemar udara, dapat dikurangi kadarnya berkat adanya tanaman hijau. Kamu tentu ingin dong mendapatkan kualitas udara yang bagus saat berada di rumah? Nah, untuk itulah tidak ada salahnya untuk meletakkan tanaman hijau dalam ruangan pada pagi hingga sore hari.

You Might Also Like

0 Comments

Like us on Facebook