5 Tips Mencegah Rasa Lemas Saat Puasa

September 03, 2019



Memetik, Mangkuk, Closeup, Budaya, Tanggal
Pict by : Pixabay

Aktivitas ibadah puasa pada bulan Ramadhan mengharuskan kaum muslim untuk tidak makan sejak waktu subuh hingga magrib tiba. Hal ini membuat sebagian besar orang mengalami rasa lemas, padahal jika kita bisa melakukan beberapa tips yang tepat, rasa lemas saat berpuasa bisa dihindari. Ingin tahu apa saja tips anti lemas saat puasa? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1.       Sahur Dengan Menu Sehat

Menjelang akhir bulan Ramadhan, sebagian orang justru mulai merasa malas untuk sahur, padahal sahur sangatlah dianjurkan bahkan sunnah. Tentunya, ada banyak hikmah mengapa nabi sangat menganjurkan sahur meski hanya dengan sebiji kurma. Sahur dengan menyantap makanan sehat sangat berpengaruh terhadap kelancaran puasa selama seharian penuh. Pilih menu-menu sehat seperti mengkonsumsi oats, sayur, buah, daging dan lainnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi selama berpuasa.

2.       Perbanyak Asupan Cairan

Walaupun jam makan jadi berubah, kebutuhan akan cairan dalam tubuh harus tetap dipenuhi dengan baik. Ada banyak cara mudah agar asupan cairan terpenuhi, mulai dari minum air putih, mengkonsumsi buah yang banyak mengandung air, makan makanan berkuah dan lainnya.

3.       Hindari Tidur Terlalu Lama

Salah satu kebiasaan yang kurang baik saat berpuasa adalah tidur telalu lama. Dengan anggapan tidur lama akan membuat puasa jadi tidak terasa lama, bukanlah sebuah anggapan benar. Nyatanya, aktivitas tidur terlalu lama justru berpotensi membuat tubuh mudah mengalami dehidrasi, bahkan tubuh jadi lebih mudah terasa lemas. Jika memang ingin tidur, tidurlah secukupnya saja serta dapatkan tidur yang berkualitas.

4.       Olahraga Disaat Yang Tepat

Jika anda terbiasa melakukan olahraga rutin, perlu kiranya untuk mengatur waktu yang tepat. Anda bisa saja mengubah jam olahraga, jika biasanya anda berolahraga pada waktu pagi, maka ubahlah menjadi waktu sore sesaat sebelum waktu berbuka atau malam hari. Hal ini untuk menghindarkan tubuh anda merasa lelah.

5.       Makan Secukupnya Saat Berbuka

Sebagian orang ada yang kalap saat buka puasa dengan mengkonsumsi banyak makanan sekaligus. Padahal ini bukanlah kebiasaan baik. Hendaknya saat berbuka, awali dengan jenis makanan yang manis dan tidak terlalu keras agar organ pencernaan tidak “kaget”. Selang beberapa lama, barulah konsumsi makanan berat. Hindari pula untuk makan terlalu kenyang karena ini dapat mengakibatkan rasa kantuk dan malas.

You Might Also Like

0 Comments

Like us on Facebook