5 Tips Menulis Mudah Dan Lancar Agar Tulisan Cepat Selesai

September 03, 2019



Kantor, Catatan, Notes, Pengusaha, Tangan, Sekretaris
Pict by : pixabay


Menulis adalah aktivitas yang memerlukan ide dan konsentrasi tinggi, bagi sebagian orang, menulis bukanlah hal yang mudah meski kelihatannya gampang dilakukan. Pertanyaan yang sering dilontarkan oleh mereka yang baru belajar menulis adalah bagaimana caranya dapat menulis dengan mudah serta tips menyelesaikan tulisan dengan cepat. Nah, untuk kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara menulis mudah dan lancar, coba intip tips berikut ini!

1.       Tentukan Ide

Sebuah tulisan akan menjadi bagus dan enak dibaca jika kita bisa menentukan ide awal terlebih dahulu sehingga dalam mengembangkan tulisan jadi lebih mudah. Tentukan tema serta ide yang ingin ditulis. Bagaimana cara mencari ide? Masing-masing orang memiliki cara tersendiri dalam menemukan ide, namun yang paling mudah dalam menemukan ide adalah dengan banyak membaca. Biasanya, dengan membaca karya orang lain, pikiran kita bisa otomatis terpancing dan menemukan ide menarik yang layak untuk dijadikan bahan tulisan.

2.       Cari Tempat Yang Nyaman Dan Tenang

Proses menulis paling mudah dilakukan pada tempat yang tenang dan bebas dari gangguan. Oleh karena itu, ketika hendak menulis carilah tempat yang nyaman, tenang dan jauh dari keributan. Kondisi yang nyaman dan tenang akan sangat membantu dalam melatih konsentrasi sehingga kita bisa fokus menulis dan menyelesaikannya.

3.       Siapkan Laptop, Cemilan Dan Minuman

Untuk bisa menulis, pastinya perlu media tulis yang baik dan mumpuni. Untuk jaman sekarang, media seperti laptop, notebook atau tablet adalah media masa kini yang sering dijadikan sebagai alat tulis karena praktis dan lebih modern. Tidak lagi berupa kertas dan pulpen. Pilih media tulis yang paling nyaman untuk digunakan. Selain itu, sediakan pula minuman serta cemilan sebagai teman santap saat sedang menulis.

4.       Fokus!

Fokus, adalah kunci keberhasilan dalam menyelesaikan sebuah tulisan. Banyak orang yang merasa kesulitan menyelesaikan tulisan yang sudah dimulai karena kurangnya konsentrasi. Untuk itulah, sebisa mungkin hilangkan terlebih dahulu berbagai macam pikiran yang dapat mengganggu dan merusak konsentrasi selama menulis. Fokuskan pikiran hingga akhir tulisan!

5.       Cek Tulisan Dan Masuk Tahap Editing

Jika tulisan sudah selesai, jangan berhenti dan merasa puas. Coba baca kembali tulisan yang sudah dibuat dari judul hingga akhir paragraf. Tujuannya adalah untuk mengecek kualitas tulisan, apakah ada salah dalam penulisan, sudah cukup enak dibaca atau belum, apakah ada tanda baca yang kurang dan sebagainya. Jika ingin mendapatkan tulisan yang bagus, tidak ada salahnya untuk meminta orang lain memeriksa dan membaca ulang tulisan yang sudah kamu buat. Ini merupakan salah satu tips menulis lainnya yang dapat dilakukan demi memperoleh sebuah karya tulisan yang bagus dan enak dibaca. Selamat mencoba!

You Might Also Like

0 Comments

Like us on Facebook