5 Tips Persiapan Mudik Lebaran Yang Penting Untuk Diperhatikan

September 03, 2019

Taiwan, Kucing Kampung, Gunung, Rusa Kecil
By Pixabay

Salah satu tradisi yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia saat lebaran adalah mudik. Biasanya, mudik ini dilakukan oleh mereka yang meninggalkan kampung halaman dan menetap di kota atau daerah lain. Momen lebaran atau hari raya adalah saat yang dirasa tepat untuk kembali ke kampung halaman untuk bertemu, berkumpul dan saling melepas kangen dengan keluarga. Tradisi pulang kampung inilah yang disebut dengan mudik. Untuk yang mudik dan menempuh perjalanan jauh, perlu adanya persiapan yang matang agar selama dalam perjalanan hingga kembali ke rumah, tidak ada kendala atau masalah yang terjadi. Mau mudik juga?! Yuk simak dahulu 5 tips mudik ini agar semuanya berjalan lancar.

1.       Siapkan Uang Saku

Mau tidak mau, saat memutuskan ingin mudik, harus menyiapkan dananya minimal untuk uang transportasi dan saku. Jika tujuan mudik cukup hanya ditempuh dengan jalur darat, bisa memilih alat transportasi yang terjangakau untuk menghemat pengeluaran. Selain itu, perhitungkan pula uang saku yang harus dibawa, apakah kira-kira cukup atau tidak. Jika anggota keluarga yang dibawa berangkat mudik banyak, tentu uang saku yang harus dibawa juga banyak. Lakukan perkiraan uang saku yang harus disiapkan dari awal.

2.       Pilih Transportasi

Ada banyak jenis transportasi yang bisa dipilih saat mudik, mulai dari pesawat, kapal laut, bis dan juga mobil. Sesuaikan pilihan transportasi dengan keadaan. Jika tujuan mudik berada di luar pulau, maka bisa memilih untuk menggunakan pesawat atau kapal laut. Sebagai tips, sebaiknya lakukan pemesanan tiket transportasi jauh hari untuk menghindari kehabisan tiket. Apabila tujuan hanya sebatas luar kota, bisa memilih untuk menggunakan bis, mobil atau motor. Pastikan untuk memilih transportasi yang paling nyaman, mudah dan sesuai kondisi.

3.       Siapkan Barang Bawaan

Jika berencana menginap saat mudik nanti, siapkan barang bawaan yang diperlukan seperti baju ganti, peralatan mandi dan lainnya. Cukup bawa barang yang memang diperlukan untuk menghindari kelebihan muatan. Jika masih memungkinkan, tidak ada salahnya untuk membawa sedikit oleh-oleh bagi keluarga di kampung halaman.

4.       Pastikan Rumah Aman Saat Ditinggalkan

Hal penting yang harus diperhatikan saat ingin berangkat mudik, terlebih jika rumah ditinggalkan dalam keadaan kosong adalah memastikan keamanan rumah. Cek satu persatu apakah pintu dan jendela sudah terkunci rapat, matikan berbagai alat elektronik yang tidak perlu, cek kompor apakah sudah dalam keadaan mati dan lainnya. Jika ada tetangga yang masih tinggal disekitar rumah, jangan ragu untuk menitipkan rumah selama anda mudik serta meminta tetangga mengubungi anda segera jika terjadi sesuatu.

5.       Tentukan Berapa Lama Mudik

Tentukan dari awal berapa lama ingin mudik, 2 hari 4 hari atau seminggu? menentukan berapa lama waktu mudik sangat penting untuk memudahkan perhitungan dana yang harus disiapkan, selain itu juga untuk memudahkan dalam mengatur jadwal kegiatan. Anda mungkin saja harus bekerja usai lebaran nanti. Jangan sampai karena keasikan berkumpul dengan keluarga menajdikan anda lupa pulang ke rumah.  Selamat mudik!!!

You Might Also Like

0 Comments

Like us on Facebook