Bacang buah Legendaris yang kaya manfaat

September 30, 2019

Bacang lebih dikenal di daerah Sumatera Barat dengan nama Ambacang nama ilmiahnya adalah Mangifera foetida , buah ini masih satu kerabat dengan buah Mangga. Wangi buahnya segar dan menggiurkan serta sangat khas sekali berbeda dengan buah mangga lainnya, buah ini tidak terlalu banyak peminatnya karena memiliki daging yang berserat kasar dan banyak, serta lebih asam sehingga saat memakannya otomatis akan mengerinyitkan mata karena asamnya.

Bagi masyarakat Sumatera Barat, Bacang atau Ambacang merupakan buah legendaris karena banyak penamaan suatu daerah dengan nama buah ini. ada bukit ambacang di Bukittingi, ada simpang ambacang disolok serta  di Padang ada satu daerah yang bernama pasar ambacang, berada di kecamatan Kuranji, kemungkinan dahulunya di daerah ini merupakan tempat yang banyak pohon ambacangnya dan banyak yang menjual buah bacang itu sehingga disebutlah pasar ambacang. Ada juga hotel ambacang  yang luluh lantak dihatam gempa pada tahun 2009 lalu, saat ini telah berganti nama menjadi The Axana Hotel.

Jika dikampung saya dahulu, buah bacang muda akan diolah menjadi sambal bacang yang segar, dimakan pas tengah hari yang panas dengan nasi panas yang masih mengepul. tidak perlu lauk enak, cukup ikan asin bakar maka siapapun yang lewat tidak akan kelihatan, saking nikmatnya.

Namun buah bacang matang ternyata juga memiliki banyak khasiat yang selama ini terabaikan, yaitu sebagai sumber makanan program diet, mengatasi dehidrasi, meningkatkan imune tubuh, dll. Buah bacang kaya akan kandungan air, karbohidrat, energi dan memiliki kadar lemak yang sedikit. Dibalik rasanya yang seidkit lebih asam dibandingkan mangga-mangga yang terkenal saat ini, buah bacang merupakan buah yang mempunyai daya tarik sendiri yang masih dinanti oleh peminatnya, meski kebanyakan dari kawula muda saat ini enggan mengkonsumsinya karena seratnya yang kasar dan banyak sehingga sering menyangkut dirongga gigi.








You Might Also Like

0 Comments

Like us on Facebook