Geeta, cerita nyata film bajrangi bhaijan

September 26, 2019



Hasil gambar untuk "Please Help find Geeta's Home. An Indian girl stranded in Pakistan."

Beberapa waktu belakangan ini, saya menjadi peminat film Bollywood karena beberapa alasan, yakni tempat shooting nan indah yang akan saya sesuai dengan google map. Alasannya simpel hanya ingin mencocokkan suatu daerah di film dengan tempat aslinya.

Pada film Bajrangi Bhaijan saya terpesona dengan hijaunya rerumputan, pohon pinus yang berjajar rapi dan aliran sungai putih bak susu yang mengalir deras, "Khasmir" saya bergumam, karena memang tidak dipungkiri Kashmir menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan menghantarkan saya kepada khayalan untuk menjelajahinya, lalu saya tercenung dengan ucapannya chand nawab sang wartawan yang menjadi tokoh kunci di film Bajrangi Bhaijan ini, "Kebencian mudah dijual, tapi cinta..." kalimatnya menggantung seolah memberi kesempatan bagi penonton untuk menyimpulkannya sendiri.

Cinta pada Bajrangi Bhaijan mengantarkan kita pada satu kesimpulan, tak perlu beragumentasi siapa kita dan siapa mereka ataupun dia, karena manusia butuh sesama ; maka saling berangkulanlah, bahu membahu dalam memberikan kasih sayang yang memang kodratnya ada pada manusia, ketika membenci karena perbedaan akan meluluh lantakkan persatuan namun cinta menawarkan sebuah kedamaian. Namun masalah kepercayaan jangan kau usik dan salahkan!

Geeta, merupakan seorang wanita India berusia 23 tahun yang terjebak di Pakistan sejak ia berumur 9 tahun, ia secara tidak sengaja menyeberang perbatasan negara pakistan, seperti dalam kisah  "Bajrangi Bhaijaan," film yang dibintangi Salman Khan. Hingga tahun 2015, 14 tahun berlalu Geeta masih belum bisa kembali ke rumahnya, karena ia juga mempunyai kekurangan dalam pendengaran serta tuna wicara.

Geeta hanya bisa mengenali peta India tetapi ia belum bisa memberikan lebih banyak info untuk melanjutkan pencariannya. Pejabat di tempat penampungannya percaya bahwa ia mencoba mengatakan bahwa ayahnya berasal dari Jharkhand dan ibu dari Telangana. Dia juga menyampaikan bahwa dia memiliki 11 saudara kandung, termasuk empat saudara perempuan. Geeta juga menulis "193" berulang kali; Para pejabat mengatakan itu bisa jadi nomor rumahnya.

Organisasi kesejahteraan sosial di Lahore, yayasan Edhi ; telah memulai kampanye Facebook dengan permohonan: "Tolong Bantu temukan Geeta's Home. Seorang gadis India yang terdampar di Pakistan."

Dengan kekuatan media, akhirnya pemerintah India mengakui Geeta sebagai warga negaranya berdasarkan bukti-bukti yang dilampirkan oleh Faisal Edhi pemilik yayasan yang menampung Geeta. Akhirnya geeta bisa pulang kerumahnya dan bertemu keluarga. semua itu karena cinta juga kekuatan media yang digunakan untuk kasih sayang.

You Might Also Like

13 Comments

  1. Memang media kalau digunakan dengan motivasi yang benar akan sangat membantu masyarakat ya mba. keren pisan lah filmnya, mengingatkan kita perlunya toleransi dan kasih.

    ReplyDelete
  2. Ini film bagus mbak. Aku nonton dikasih tau adikku. Filmnya tentang toleransi. Btw film India bertema crime thriller bagus juga lho mbak. Sangat recommended. Misal nih Kahani 1 dan 2. Terus ada juga Evaru. Masih banyak film crime/thriller yang bagus. Ya klo mbaknya suka genre satu ini hehehe

    Klo film inspiratif aku kasih jempol untuk Bajrangi Bhaijan dan 3 Idiot. Thx for sharing :)

    ReplyDelete
  3. Wah film india itu the best deh...beda sama film indonesia. Ciri khas yang kusuka adalah dialognya itu bermutu dan bermakna banget. Banyak quote yang bisa diambil hanya dari dialognya...pokonya love it dah

    ReplyDelete
  4. Wah, jadi penasaran. Aku bukan pencinta film India. Tapi kalau ada yang bagus bolehlah... hehehehe

    ReplyDelete
  5. Udah lama gak nonton India, tp ini kayaknya ceritanya rada beda... Gak kayak biasanya cinta melulu.

    ReplyDelete
  6. media kalau digunakan secara positif pasti bermanfaat ya mbak :) btw film ini ada di netflix ga ya?

    ReplyDelete
  7. Wah, kasihan ya Geeta sampai bertahun-tahun terpisah dengan keluarga. Alhamdulillah... akhirnya bisa bertemu juga dengan keluarganya

    ReplyDelete
  8. Kekuatan media berulangkali seperti mencetak sejarah dunia. Bantuan media menyebar informasi mampu menggerakkan para pengguna media untuk mengulurkan bantuan berupa transfer informasi. Pencarian kemudahan cepat mendapatkan hasil, dan endingnya lewat media orang-orang atau para pengguna media berhasil menghubungkan sesuatu yang dicari dengan orang yang merindukannya selama ini. Hebat, ya media itu

    ReplyDelete
  9. Menurut daku, film yang diangkat dari kisah nyata, memiliki warna dan daya tarik yang lebih dalam, sehingga penghayatannya lebih mengena.

    ReplyDelete
  10. Saya pernah baca review film ini tapi belum pernah nonton. Akting Salman Khan siapa yang meragukannya kan, ya?
    Setahu saya film ini memberi warna lain dari film Bollywood yang rata-rata romance-action itu. Setahu saya, sih. Hehe. Karena memang saya masih sedikit saja nonton film Bollywood ;)

    ReplyDelete
  11. Udah pernah nonton film ini juga. Filmnya bagus sekali dan yup viewnya indah banget. Btw saya baru tahu ternyata kisah nyatanya seperti itu ya.

    ReplyDelete
  12. Filmnya unik, bercerita tentang cinta kasih, sosial dan kekuatan media.
    Wajib ditonton nih, yg suka film Bollywood.

    ReplyDelete

Like us on Facebook