Tips Membersihkan Kompor Dari Tumpahan Minyak Dengan Mudah Dan Cepat

September 03, 2019

Keran, Hitam, Dapur, Tenggelam, Pedalaman, DesainImages by : Pixabay


Salah satu peralatan dapur yang sering terkena cipratan atau tumpahan minyak adalah kompor. Padahal, penting untuk selalu menjaga kebersihan dapur agar tidak hanya indah dilihat, tetapi juga agar kesehatan senantiasa terjaga. Jika bekas minyak ini dibiarkan dalam waktu lama, maka akan mengendap dan membuat kerak pada bagian permukaan kompor, untuk itu sebaiknya segera bersihkan kompor saat mulai kotor atau terkena minyak. Ada tips mudah dan cepat membersihkan kotoran minyak, caranya yaitu:

1.       Siapkan Bahan

Tidak sulit membuat formula untuk membersihkan kompor yang kotor akibat tumpahan minyak, hanya perlu 3 bahan utama yang bisa didapatkan dengan mudah, yaitu cuka, air dan juga tepung maizena. Ketiga bahan ini mungkin sudah tersedia di rumah, jika tidak ada bisa membelinya di toko terdekat.

2.       Cara Membuat Pembersih Kompor

Jika 3 bahan utama sudah tersedia, maka selanjutnya adalah membuat formula untuk pembersih kompor.
-          Cara yang pertama tuangkan cuka ke dalam tempat khusus seperti mangkok lalu campurkan dengan tepung maizena secukupnya, aduk hingga merata dan berbentuk seperti pasta
-          Tambahkan dengan sedikit air lalu aduk hingga encer
-          Siapkan air sabun di tempat terpisah
Setelah formula pembersih kompor sudah jadi, siapkan lap khusus atau spon untuk memudahkan dalam membersihkan kompor yang kotor.

3.       Cara Pemakaian

Siapkan lap atau spon kemudian celupkan pada formula pembersih, usapkan pada bagian kompor yang kotor, lakukan gerakan dengan sedikit tekanan jika kotoran yang menempel pada kompor terlalu kuat atau susah dibersihkan. Usap kompor hingga bersih, lakukan cara ini pada bagian lainnya yang juga terkena tumpahan minyak. Agar semakin bersih, usapkan juga lap yang sudah diolesi dengan air sabun, usapkan pada permukaan kompor, lalu bilas menggunakan sedikit air dan lap bersih. Biarkan kompor selama beberapa menit hingga permukaannya menjadi kering.
                Bagaimana… mudah dan cepat bukan? Kamu bisa melakukan cara ini secara rutin untuk menjaga kebersihan kompor atau alat dapur lainnya.

You Might Also Like

0 Comments

Like us on Facebook