Top 10 Tempat yang harus dikunjungi saat ke Kashmir

September 25, 2019



Kashmir terkenal di dunia sebagai suatu wilayah yang menjadi rebutan, sehingga peta yang di buat negara Barat memberikan garis pembatasnya dengan titik-titik alias daerah yang belum memiliki kepastian milik negara mana.

Meski sebagai daerah konflik karena seringnya penduduk Kashmir melakukan unjuk rasa yang terkadang bentrok dengan aparat India, tidak menyurutkan semangat para traveler untuk mengunjungi "The Paradise On Earth" ini.

Wilayah Kashmir terbagi dan dimiliki oleh tiga negara ; Pakistan mengontrol bagian Barat Laut, India bagian Tengah dan Selatan serta Republik Rakyat Tiongkok menguasai Timur Laut. Meskipun pada praktiknya wilayah ini diatur oleh ketiga neragar tersebut namun masyarakatnya sendiri lebih menyukai kemerdekaan bagi mereka karena Inida tidak pernah mengakui secara resmi wilayah yang diakui oleh Pakistan dan China, sementara itu Pakistan juga memandang seluruh wilayah Kashmir merupakan wilayah yang dipertentangkan dan tidak menganggap klaim India atas wilayah tersebut.

Nah, terlepas dari itu semua, Kashmir memang salah satu destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Tempat yang sangat "Amazing" dengan Pemandangannya juga "Amazing People" penduduknya yang ramah dan suka tersenyum serta mereka so cute!.

Top 10 tempat-tempat yang wajib dikunjungi saat ke Kashmir adalah sebagai berikut :

1. Srinagar
Merupakan Ibukota Jammu Kashmir saat musim panas, karena pada musim dingin ibukota Jammu Kashmir berada di Jammu. Objek wisata yang paling terkenal di Srinagar adalah Dal Lake,  Danau Dal dapat kita kelilingi dengan menaiki Shikara, Perahu Khas danau Dal yang beratapkan kain dan berbangku yang dialasi bantal. Dengan tarif per jam kita bisa berkeliling didanau Dal dan melihat House Boat serta pada pagi hari akan ada pasr apung di danau tersebut. Selain itu di srinagar kita bisa mengunjungi mesjid Hazratbal, mesjid suci yang mana terdapat rambut Rasulullah SAW didalamnya. Lalu ada taman Naseem Bagh, dll.

2. Chatpal
Berjarak sekitar 90 km dari Srinagar sering disebut sebagi mini Pahalgam, meski tidak terlalu familiar namun Chatpal menawarkan ketenangan, tempat hijau nan subur, pegunungan sunyi, ketenangan mutlak buat mencari inspirasi bagi yang jenuh suasana hiruk pikuk perkotaan, domba- domba merumput dengan tenang, dan sungai memutih bak air susu mengalir deras membawa air yang dingin.

3. Aharbal Waterfall
Sering disebut sebagai niagaranya Kashmir, ya Aharbal adalah Air terjun dilembah Kashmir berjarak sekitar 75 Km dari Srinagar. Yang menarik adalah  seluruh perjalanan menuju air terjun Aharbal dipenuhi dengan segala macam kejutan. Sisi bukit nan menjulang, pemandangan dari kebun apel serta rerumputan menghijau, mengungkapkan beberapa wajah alam yang fantastis.

4. Gurez Valley
Atau Gurais sebuah lembah yang berada dipegunungan Himalay berjarak sekitar 150 Km dari Srinagar, berada apada ketinggian 8000 kaki (2.400 m), lembah ini dikelilingi oleh Pegunungan yang tertutup salju ; dan memiliki beragam fauna dan satwa liar termasuk coklat Himalay dan macan tutul salju.

5. Gulmarg
Merupakan "Meadow of Flowers"  menampilkan pemandangan panorama dari Lembah Kashmir, sebagai salah satu puncak tertinggi dari Himalaya dan dunia. rasakanlah sensasi naik Gondola tertinggi di Asia disini.

6. Pahalgam
Salah satu tujuan wisata yang sangat populer di Kashmir, padang rumput nan hijau dan subur serta perairan yang murni mengalir indah sehingga sangat menarik bagi para wisatawan.

7. Gangabal Lake
Danau Gangabal adalah danau oligotrophic, danau dataran tinggi Alpine berada pada 3.570 m diatas permukaan laut, merupakan rumah bagi banyak spesies ikan, termasuk ikan trout cokelat. Dikenal juga sebagai Haramukh Ganga terletak di kaki gunung Haramukh.

8. Tarsar Lake dan Aru Valley
Sama seperti Gangabal Lake, Danau Tarsar juga merupakan danau Alpine oligotrophic. Danau ini unik karena berbentuk mirip kacang almond. Aru Valley merupakan tempat yang tenang dan sunyi, sama seperti desa-desa lainnya di lembah Kashmir, Indah, damai dan menyenangkan.

9. Daksum
Daksum adalah permata yang tersembunyi di Kashmir, daksum merupakan surga bagi pecinta trekkingdan alam. Dikelilingi oleh barisan salju Pir Panjal, hutan rumpun yang subur, padang rumput yang berumput, sungai kecil yang bergejolak dan Pondok-Pondok Suku Nomaden Kashmir yaitu Gurjar dan Bakarwal dengan hewan peliharaan mereka yang ramai seperti domba dan kuda.

10. Ladakh
Wow, akhirnya Ladakh adalah salah satu daerah tempat tinggal tertinggi didunia, di negeri ini seolah-olah langit dan bumi bertemu, membayangkannya saja telah mengurangi kadar oksigen yang kita hirup. 





You Might Also Like

16 Comments

  1. Aku takut ketinggian mva, tapi setelah baca artikel ini aku jadi penasaran dan pengen ke Kashmir. Hahah

    ReplyDelete
  2. kira-kira di khasmir sebelah mana ya yang dipakai syuting MI:fallout hehehe aku baru tahu kalo ini wilayah tak bertuan. kira-kira pendudukknya ikut kewarganegaraan negara mana ya?

    ReplyDelete
  3. Pertama kali denger nama daerah ini saat duduk di bangku sekolah dasar, entah tingkat ke berapa, rasanya masuk dalam pelajaran sekolah... nggak nyangka ternyata banyak jujugan temat wisata...

    ReplyDelete
  4. Cantik banget itu....kayaknya pernah dengar nama Khasmir. Baca ini jadi sedikit banyak tahu tentang Khasmir

    ReplyDelete
  5. Waaah tempat tertinggi di dunia yaaa. Berarti suhu di sana pun rendah, butuh baju tebal nih kalau jalan2 ke sana

    ReplyDelete
  6. aaah pasti cantik2 deh ini viewnya, kepingin deh kesana kalau ada rezeki dan kesempatannya :)

    ReplyDelete
  7. Foto pembuka artikel ini aja membuat daku terkesima dengan kashmir, apalagi bisa ke sana kan

    ReplyDelete
  8. masyaa Allah indahnya bumi Allah.. nikmat mana yang kita dustakan melihat alam seindah ini, hanya bisa bertakbir ^^

    ReplyDelete
  9. Kasian ya negara ini, di akui 3 negara nggak kebayang bagaimna perasaan penduduknya,

    Tapi sebanding dg keadaan alam kasmir, sayang setiap destinasi tdak di lengkapi foto jadi cuma bisa berangan2 hehe

    ReplyDelete
  10. Pasti indah banget ya negara ini, secara julukannya aja Paradise gitu. Tapi sayangnya negaranya masih abu-abu gitu yaaa.

    ReplyDelete
  11. Kashmir ini destinasi yg memang lagi ngehits buat para traveller. Mungkin bisa diedit lagi mbak lengkapi dengan foto biar kita yg baca beneran bisa tau 10 daerah menarik di Kashmir :)

    ReplyDelete
  12. Wah, jarang lho yang mengulas Kashmir sebagai destinasi wisata. Iya, biasanya kisahnya seputar konflik, sih. Baca inijadi lebih tahu bahwa Kashmir memang indah dan layak dikunjungi :)

    ReplyDelete
  13. Aqu taunya kashmir dari film² India,, hehe
    Banyak juga yah destinasi wisatanya,, tempat seindah ini sayangnya Kashmir masih jadi daerah konflik ya,,

    ReplyDelete
  14. Kashmir cantik banget mbak Misdar, cantik lagi klo tiap tempatnya juga dikasih foto biar kita tau tempat macam apa itu heheh

    ReplyDelete
  15. Penasaran juga ya seperti apa penampakannya. Pasti cantik seperti cerita di blog mba Misdar :

    ReplyDelete
  16. Penasaran dengan tempatnya, sayang ya tidak ada fotonya, pasti indah ke 10 tempat tersebut

    ReplyDelete

Like us on Facebook