Desa unik di Pulau Aogashima Jepang

November 23, 2019


Aogashima desa unik yang sangat menarik perhatian saya, merupakan sebuah pulau vulkanik yang paling selatan dan paling terpencil di Kepulauan Izu Jepang, terletak dilaut Filipina. Luas pulau ini adalah 8,75 km 2 (3,38 mil persegi), dengan panjang 3,5 km serta lebar 2,5 km. Pulau ini dikelilingi oleh tebing terjal yang sangat curam dengan endapan gunung berapi. Pulau ini berbentuk kuali karena merupakan kawah gunung berapi tipe C yang masih aktif hingga kini namun uniknya ada pemukiman di sana yang dihuni oleh masyarakat.

Bagi yang pernah menonton film Jurassic Park maka Aogashima adalah bentuk nyata dari pulau tempat dinosaurus itu tinggal. Indah namun penuh resiko pastinya. Aogashima juga berupa gunung berapi aktif yang disebut Maruyama, yang menarik ada desa dibagian utara pulau berbentuk es krim terbalik itu yang terletak 200 m diatas permukaan laut, memiliki sekolah dan fasilitas yang termasuk memadai untuk ukuran sebuah pulau yang sangat jauh dari kota. Ada sekitar 170  populasi penduduk  saat ini yang menghuni wilayah itu, sejarah desa pemukiman warga di Aogashima ini tidak diketahui secara pasti. Meski pada tahun 1785 gunung ini terakhir kali meletus dan memakan korban hampir separoh dari jumlah penduduk yang menghuni pulau Aogashima pada saat itu, namun tidak menyiutkan nyali penduduk yang saat ini menetap.

Untuk menuju aogashima hanya bisa menggunakan kapal ferry dari Tokyo atau  naik angkutan umum helikopter dari Hachijojima. Ini juga unik, helikopter jadi angkutan umum, tiba-tiba jiwa missqueenku bereaksi.


Aogashima dari hachijojima berjarak 70 km / 43 mil, tarif untuk naik helikopter ke Aogashima adalah 11.530 yen atau setara 100 dollar kalau dirupiahkan menjadi kurang lebih 1,5 juta, hanya saja harus memesan sebulan terlebih dahulu karena bangku yang tersedia hanya untuk 8 orang. Berangkat pada jam 9.20 setiap harinya, naik helikopter merupakan cara yang paling bisa diandalkan, karena pemandangan diatas lebih menawan bahkan ketika jarak dekat di helikopter kita bisa melihat desa aogashima yang tinggi di atas permukaan laut. So, Amazing! Untuk yang lebih ekonomis, ya naik ferry tetapi berlabuh dipelabuhan Aogashima sangat sulit karena arus laut dan angin yang tidak menentu sehingga perjalanan seringkali dibatalkan atau kembali lagi ke tokyo ketika telah dipertengahan jalan.

Di Hellipad banyak penduduk yang menyambut, penduduk yang ramah dan sangat akrab antara satu dengan yang lainnya. Di Pulau ini Fasilitas sudah lumayan memadai, ada sekolah, minimarket, penginapan, restoran dan Kantor pos dengan satu-satunya ATM. Meski serba minim, ada satu lampu lalu lintas yang terletak didepan sekolah, namun bukan untuk mengatur arus lalu lintas melainkan untuk mengajarkan siswa bahwa dilaur sana ada lampu lalu lintas seperti ini. Jalan utamanya terlihat bersih dan lengang, namun itu sangat menyenangkan. 

Berada di Pulau ini mungkin bisa menemukan ide-ide yang luar biasa karena suasananya indah, sepi dan nyaman dengan pemandangan hijau dan langit serta laut yang biru.


You Might Also Like

0 Comments

Like us on Facebook