Pengaruh Domain Authority bagi Blogger

November 20, 2019


Hari ini tanggal ke 20 dibulan 11 ini, sudah berbilang hari mungkin bulan saya vakum dari menulis diblog. Banyak pekerjaan melayang-layang diberanda media sosial saya, ya pekerjaan yang berkaitan dengan blog pastinya namun sangat disayangkan DA (Domain Authority) yang diajukan sebagai persyaratan selalu minimal 10. 

Saya tercenung dan melongok DA blog saya yang masih saja setia bertengker diangka 1, Waduuuh... sangat jauh panggang dari api. I cant get that writing job! 
Lama merenung, "Ini kalau kayak gini kapan saya bisa menerima job writing sementara angka DA selalu garis lurus?!" batin saya kemudian. 

Baiklah kita akan bahas, apa sih DA itu dan apa pengaruhnya? sehingga perlu menjadi syarat dalam job writing.

DA (Domain Authority) adalah omain authority adalah sebuah website metric yang menjadi ukuran kepercayaan dari sebuah situs atau website berdasarkan  rujukan yang berasal dari mesin pencari dan pengguna, seperti yang telah dikembangkan oleh Moz, domain authority adalah sebuah faktor penting yang mempengaruhi trafik dan ranking dari sebuah website, karena domain authority adalah acuan atau barometer dari tingkat kepercayaan situs itu sendiri.

Banyak ahli SEO mengatakan, jika domain authority ini adalah acuan bagaimana Google memberikan page rank terhadap suatu situs. Namun ada juga kalangan yang beranggapan, jikalau hal ini tidak sepenuhnya benar. Memang banyak pro dan kontra mengenai domain authority ini, tapi yang perlu kita lihat kembali adalah, situs yang memiliki page rank tinggi pasti mempunyai nilai atau tingkat domain authority yang sangat baik. Sehingga dapat kita simpulkan, bahwa domain authority adalah satu dari sekian banyak faktor atau barometer tingkat kepercayaan search engine kepada suatu situs atau website.

Pengaruh Domain authority bagi penulis blog adalah sebagai rangking atau tingkatan pencarian blog kita di google artinya seberapa populernya blog kita di google sehingga bisa menempatkan blog kita di halaman pertama pencarian google, karena biasanya artikel yang bertengker di halaman pertama pencarian merupakan artikel dengan domain authority yang sangat baik, sehingga bagi konsumen yang menggunakan blog kita sebagai ajang promosi merupakan sebuah keuntungan.

Jika kita telah mengenal dan memahami mengenai apa itu domain authority, dan bagaimana cara kerjanya serta pengaruhnya yang sangat signifikan terhadap website yang kita miliki, maka yang harus kita pelajari berikutnya, adalah bagaimana cara meningkatkan domain authority sehingga memberikan pengaruh yang signifikan bagi website yang kita miliki.

Sekarang kita akan membahas cara meningkatkan domain authority blog kita, kalau saya sih jujur masih belum bisa menerapkannya karena blog ini tidak tercover dengan baik. Memang blog ini telah berusia lama namun jiwa usang dan hampir binasa karena saya suka menelantarkannya sehingga tidak terurus. hehehe... jadi curhat.

Seperti para pakar SEO bilang, cara meningkatkan Domain Authority di blog bukanlah semudah kita mengganti warna dan template blog namun butuh proses yang tidaklah mudah namun jika mengetahui cara yang tepat, pasti bisa dilalui dengan mudah mungkin.

Seo, Singkatan, Akronim, Backlink, Blog, Bangunan

1. Memastikan Tekhnik SEO yang tepat

Kata mereka para pakar SEO, cara paling utama meningkatkan DA blog adalah dengan memastikan tekhnik SEO yang kita terapkan diblog kita itu sesuai dan tepat sasaran. Contohnya sebagai blogger kita harus menguasai detail tekhnis SEO seperti struktur sebuah website, breadcrumbs, URL structure, meta tags, header tags, word count, keywords, dll. Semuanya harus telah kita kuasai, karena hal ini merupakan pondasi untuk meningkatkan domain authority blog kita. 

2. Membuat konten yang berkualitas

Hohoho... ini seakan mengolok-olok diri saya sendiri karena blog saya kontennya entah berkualitas entah tidak namun yang pasti mari mencoba berkualitas. :-D misalnya kita akan membuat isi blog kita dengan konten yang fresh dan kaya manfaat.

3. Media Sosial dan Branding

Media sosial merupakan salah satu medium yang bisa mempengaruhi ekspos terhadap blog yang kita miliki dan setali dua uang branding pun merupakan tonggak yang penting dalam meningkatkan DA blog kita. Dengan strategi yang tepat media sosial dapat membuat blog kita menjadi lebih meningkat DA serta cara kita mem-branding  blog kita juga akan meningkat DA blog.

4. Membangun Internal Link dan mempunyai relasi yang kuat

Kesannya kenapa politis sekali ya, namun tidak bisa dipungkiri di dunia maya ya network sistemnya alias jaringan maka sangat diperlukan Internal link dan relasi yang kuat. Karena internal link dan relasi yang kuat antara pengguna maupun mesin pencari akan sangat mempengaruhi traffic di blog kita.

Semua ini hanya ringkasan dari beberapa hal yang saya ketahui tentang DA, ada waktunya kita memang harus selalu belajar karena ilmu itu luas. Hal yang sedikit ini baru bisa saya simpulkan untuk kemudian diterapkan. Untuk mengetahui lebih banyak, para pakar SEO pun telah banyak membahasnya.

You Might Also Like

0 Comments

Like us on Facebook