Tips wisata hemat di Malaysia

December 04, 2019

DWP Bapenda Kota Padang
Selamat Pagi
Anak-anak sekarang tengah melaksanakan ujian Akhir Semester (UAS) sebentar lagi liburan sekolah dong ya. Nah liburan kali ini sudah pada hunting lokasi wisata yang akan dijajalin bersama keluarga belum? Jika belum dan susah menemukan ide perjalanan domestik yang lebih hemat karena harga tiket pesawat sekarang serba mahal, solusinya ya ke negara jiran kita saja, yakni Malaysia. Lho, bukannya lebih mahal itu?!
Wah belum tau ya! Makanya kita simak ulasan saya kali ini.

1. Cari Tiket Promo
Tiket penerbangan ke malaysia justru lebih murah dibandingkan tiket pesawat antar kota didalam negeri kita sendiri, buktinya tiket penerbangan dari Kota Padang ke Kuala lumpur hanya Rp. 800.000 itu untuk Pulang Pergi, sementara tiket penerbangan ke kota Batam dari Padang justru harga segitu hanya untuk satu kali perjalanan. So, lebih murah kan?!
Air Asia saat ini tengah memberikan promo 20% untuk harga tiket pesawat, meski Air Asia harus bayar bagasi lagi tapi jika ingin hemat, ayuklah berburu tiket yang full service, biar tidak memikirkan kelebihan bagasi.

2. Penginapan
Jika perjalanan wisata biasanya orang-orang selalu memilih menginap di hotel dengan berbagai alasan pastinya, untuk hotel bintang 3 di Malaysia permalam berkisar antara Rp. 450.000 hingga Rp. 550.000 dengan fasilitas standar hotel, ada ketel listrik, TV kabel dll. Apabila membawa anak maka memerlukan tempat tidur tambahan atau Extra bed dan pastinya menambah biaya lagi. 
Sekarang ubah kebiasaan itu, jangan menginap di hotel lagi dengan minimnya ruangan serta keterbatasan, perjalanan wisata biasanya biaya yang paling banyak dikeluarkan adalah untuk makanan maka karena membawa anak otomatis biaya makan juga banyak dan ruangan hotel pastinya terbatas.
Lebih baik cari tempat penginapan yang bisa untuk memasak, Lah ngapain, repot amat?!
Tapi judulnya tips hemat, tidak ada salahnya liburan 4 hari bawa bekal rendang untuk lauk malam ataupun sambal cumi dan sambal terasi pengunggah selera, jika di hotel tidak akan ada tempat pemanasan lauknya maka saatnya pilih penginapan yang bikin hemat.
Tips dari saya sebaiknya pilih penginapan di Airbnb, untuk tarifnya hanya berkisar Rp. 350.000/malam dengan 4 tamu dewasa. Airbnb Malaysia biasanya satu kondominium atau satu apartemen sehingga fasilitasnya untuk luar ruangan, ya fasilitas dari gedung apartemen itu : ada kolam renang, Gym, PlayGround. Lalu untuk Fasilitas didalam tergantung jumlah tamu dan pilihan penginapan kita sebagai penyewa, biasanya ada ruang tengah dengan sofa santainya dan ada juga meja makan, ada microwave untuk memanaskan makanan, ada dapur dan peralatannya seperti kompor, wajan, panci dllnya, ada mesin cuci dan juga setrikaan, Televisi juga ada pastinya dan Wifi.  dan satu lagi, terkadang ada pemilik properti yang menyediakan beras dan mie instan di properti yang disewakannya, kalaupun tidak ada bawa stok mie instan sendiri aja. Hemat tentunya...
Jika Mommy ingin mendaftar di Airbnb lebih baik mendaftar di DISINI karena ada promo potongan harga kamar / diskon sebesar $33 jika dirupiahkan sekitar Rp. 446.000, lumayan untuk semalam menginap gratis dari diskon. Hanya lewat link diatas bonus diskonnya.

3. Transportasi
Untuk kenyamanan mungkin lebih baik memilih taxi online yang lumayan murah disana, namun transportasi umum di Malaysia juga bagus. MRT, LRT, Bus dan kereta api, semuanya lengkap. Bahkan kalau hanya untuk keliling disekitar Kuala Lumpur, kita bisa memanfaatkan Bus Go KL yang tersedia gratis bagi wisatawan, biasanya bus ada di beberapa tempat.
Dan lagi, jangan malas untuk jalan kaki, terkadang indahnya perjalanan saat bisa kita nikmati santai dengan berjalan-jalan disekelilingnya. Gunakanlah sendal ataupun sepatu yang nyaman untuk digunakan.

Segini dulu mungkin tipsnya, lain kali saya akan tambahin. selamat liburan!

You Might Also Like

12 Comments

  1. Wah ternyata lebih murah ya wisata ke luar nergri, mahalan tiket ke Papua lebih mahal, saya kalau pulang kampung pakai Garuda sekitar 3.500.000 tu baru sekali jalan hoho

    Pingin sih liburan ke negri Jiran tapi masih belu punya Paspor heem :)

    ReplyDelete
  2. Aku suka kalau ke Malaysia, selain friendly dengan wanita berhijab, kulinernya pun enak2 dan dalam porsi besar hahaha

    ReplyDelete
  3. Wah..belum pernah nih ke Malaysia, moga keturutan nantinya..sambil nabung dulu dan ceki ceki promo tiket traveling dan hotel

    ReplyDelete
  4. Makasih Tipsnya Mbak..saya belum ke KL
    Empat tahun lalu ke Malaysia dari Singapura. Jadi nginep di Singapura, 3 hari terus sengaja via darat ke Johor Bahru, ke Legoland, terus balik ke Singapura lagi.
    Smoga next saya berkesempatan ke KL juga

    ReplyDelete
  5. Tipsnya menggoda nih Mbak, jadi ingin coba suatu saat nanti. Setuju, menikmati perjalanan memang akan lebih menyenangkan saat kita melakukan jalan santai.

    ReplyDelete
  6. Harga penginapannya terjangkau ya kak, seperti di sini. Hmm, kalau tiket penerbangannya tetap dilihat ya dari mana keberangkatannya ya. Asik hangout ke Malaysia

    ReplyDelete
  7. Terimakasih tips cantiknya mbak. emang liburan mah juga harus hemat biar kita happy dompet juga happy ya mbak :)

    ReplyDelete
  8. Wah, kalau harga tiket pesawatnya murah, pengen coba ah next tips jalan-jalan murahnya ke Malaysia

    ReplyDelete
  9. Ah.. Jadi keinget lagi deh.. Belom perpanjang paspor.. Yuk ah perpanjang dulu sebelum jelong.jelong. thanks tipsnya

    ReplyDelete
  10. Iya mbak, memang sering denger guyonan, mending ke Malay atau Singaore daripd penerbangan domestik yg muihil tiketnya :D

    ReplyDelete
  11. Wah murah ya tiket ke Malaysia, aku belum pernah ke sana mungkin nanti, seru juga ya mba bisa berhemat liburan di Airbnb

    ReplyDelete
  12. Jadi teringat saya pernah dftr acara MUN gitu di Malaysia. Terus mikir knp penginapannya mesti yg bintang 5 gitu ya? Kalau gak lima ya empat. Padahal ada penginapan yg lebih terjangkau (buat kantong saya saat ini). Hm mungkin penyelenggara mau memberikan kenyamanan lebih. Melalui artikel ini saya lumayan tercerahkan untuk mengambil paket non accomodation dan mencari akomodasi sendiri shngga leboh hemat wkwkw. Terima kasih kak.

    ReplyDelete

Like us on Facebook