Tips wisata hemat di Malaysia

December 04, 2019

DWP Bapenda Kota Padang
Selamat Pagi
Anak-anak sekarang tengah melaksanakan ujian Akhir Semester (UAS) sebentar lagi liburan sekolah dong ya. Nah liburan kali ini sudah pada hunting lokasi wisata yang akan dijajalin bersama keluarga belum? Jika belum dan susah menemukan ide perjalanan domestik yang lebih hemat karena harga tiket pesawat sekarang serba mahal, solusinya ya ke negara jiran kita saja, yakni Malaysia. Lho, bukannya lebih mahal itu?!
Wah belum tau ya! Makanya kita simak ulasan saya kali ini.

1. Cari Tiket Promo
Tiket penerbangan ke malaysia justru lebih murah dibandingkan tiket pesawat antar kota didalam negeri kita sendiri, buktinya tiket penerbangan dari Kota Padang ke Kuala lumpur hanya Rp. 800.000 itu untuk Pulang Pergi, sementara tiket penerbangan ke kota Batam dari Padang justru harga segitu hanya untuk satu kali perjalanan. So, lebih murah kan?!
Air Asia saat ini tengah memberikan promo 20% untuk harga tiket pesawat, meski Air Asia harus bayar bagasi lagi tapi jika ingin hemat, ayuklah berburu tiket yang full service, biar tidak memikirkan kelebihan bagasi.

2. Penginapan
Jika perjalanan wisata biasanya orang-orang selalu memilih menginap di hotel dengan berbagai alasan pastinya, untuk hotel bintang 3 di Malaysia permalam berkisar antara Rp. 450.000 hingga Rp. 550.000 dengan fasilitas standar hotel, ada ketel listrik, TV kabel dll. Apabila membawa anak maka memerlukan tempat tidur tambahan atau Extra bed dan pastinya menambah biaya lagi. 
Sekarang ubah kebiasaan itu, jangan menginap di hotel lagi dengan minimnya ruangan serta keterbatasan, perjalanan wisata biasanya biaya yang paling banyak dikeluarkan adalah untuk makanan maka karena membawa anak otomatis biaya makan juga banyak dan ruangan hotel pastinya terbatas.
Lebih baik cari tempat penginapan yang bisa untuk memasak, Lah ngapain, repot amat?!
Tapi judulnya tips hemat, tidak ada salahnya liburan 4 hari bawa bekal rendang untuk lauk malam ataupun sambal cumi dan sambal terasi pengunggah selera, jika di hotel tidak akan ada tempat pemanasan lauknya maka saatnya pilih penginapan yang bikin hemat.
Tips dari saya sebaiknya pilih penginapan di Airbnb, untuk tarifnya hanya berkisar Rp. 350.000/malam dengan 4 tamu dewasa. Airbnb Malaysia biasanya satu kondominium atau satu apartemen sehingga fasilitasnya untuk luar ruangan, ya fasilitas dari gedung apartemen itu : ada kolam renang, Gym, PlayGround. Lalu untuk Fasilitas didalam tergantung jumlah tamu dan pilihan penginapan kita sebagai penyewa, biasanya ada ruang tengah dengan sofa santainya dan ada juga meja makan, ada microwave untuk memanaskan makanan, ada dapur dan peralatannya seperti kompor, wajan, panci dllnya, ada mesin cuci dan juga setrikaan, Televisi juga ada pastinya dan Wifi.  dan satu lagi, terkadang ada pemilik properti yang menyediakan beras dan mie instan di properti yang disewakannya, kalaupun tidak ada bawa stok mie instan sendiri aja. Hemat tentunya...
Jika Mommy ingin mendaftar di Airbnb lebih baik mendaftar di DISINI karena ada promo potongan harga kamar / diskon sebesar $33 jika dirupiahkan sekitar Rp. 446.000, lumayan untuk semalam menginap gratis dari diskon. Hanya lewat link diatas bonus diskonnya.

3. Transportasi
Untuk kenyamanan mungkin lebih baik memilih taxi online yang lumayan murah disana, namun transportasi umum di Malaysia juga bagus. MRT, LRT, Bus dan kereta api, semuanya lengkap. Bahkan kalau hanya untuk keliling disekitar Kuala Lumpur, kita bisa memanfaatkan Bus Go KL yang tersedia gratis bagi wisatawan, biasanya bus ada di beberapa tempat.
Dan lagi, jangan malas untuk jalan kaki, terkadang indahnya perjalanan saat bisa kita nikmati santai dengan berjalan-jalan disekelilingnya. Gunakanlah sendal ataupun sepatu yang nyaman untuk digunakan.

Segini dulu mungkin tipsnya, lain kali saya akan tambahin. selamat liburan!

You Might Also Like

0 Comments

Like us on Facebook