Apa itu Domain Authority dan cara meningkatkannya?!

January 07, 2020


Apa itu Domain Authority (DA) dan cara meningkatkannya, saya membuat blog pada awalnya hanya karena iseng mengisi rutinitas dikantor yang tidak selalu banyak pekerjaan karena tugas saya saat itu adalah sebagai notulen rapat, namun setelah berhenti bekerja blog saya juga vakum hingga setahun belakangan ini saya kembali melirik blog yang tertinggal itu dan kemudian meng-upgradenya kembali. Saya tidak begitu mempedulikan SEO dalam mengisi blog ini atau apapun yang berhubungan dengannya, hingga pada akhirnya saya harus mengetahuinya disaat banyak job berkeliaran di Medsos dengan satu catatan penting yaitu Domain Authority (DA) harus 10. 

Saya harus mencari dan menggali, Apa itu Doamin Authority (DA) dan cara meningkatkannya. Domain Authority (DA) merupakan sebuah acuan mesin pencari dalam memberikan peringkat p[ada web atau blog kita. Google atau semacamnya sebagai mesin pencari memberikan peringkat pada suatu web atau blog berdasarkan pada tiga hal, yaitu:

1. Usia Domain

Ternyata usia selalu mempengaruhi tingkatan dalam sesuatu ya?! hehehe... begitu juga mesin pencari semacam google, semakin lama keberadan Domain maka semakin aktif kegiatan Domain maka semakin meningkat DA dari Domain tersebut. Sehingga konsistensi dari pengguna Domain itu juga turut andil dalam meningkatkan nilai domainnya. semakin tinggi nilai domain juga mempengaruhi peringkat dihasil laman pencarian.

2. Popularitas Domain
Populer jadi acuan kedua dalam mempengaruhi tingkatan DA sebuah blog, sebuah web, blog atau situs disebut populer dapat dilihat dari link-link yang masuk dari situs-situs berkualitas, yang sering disebut Inbound Link. Untuk mendapatkannya dengan sering-sering berkomentar disitus-situs lainnya.

3. Ukuran Domain
Ukuran Domain adalah banyaknya jumlah konten yang dipublikasikan di web atau situs milik kita, oleh sebab itu harus rajin posting tulisannya agar ukuran domainnya semakin besar.

Cara meningkatkan DomainAuthority.

Ada beberapa langkah mudah cara meningkatkan domainAuthority yaitu: 

1. Menulis Konten Berkualitas
Seperti pada pembukaan, saya menulis blog hanya berdasarkan apa yang saya sukai, kalau saya ingin memposting sesuatu maka saya akan posting namun jika tidak saya tidak akan melakukannya, pada suatu hari saya diingatkan oleh ipar saya yang baru saja nyemplung di blog namun berhasil aktif dan kreatif, beliau bilang; "blog itu isinya bukan buat kita, namun memberikan info yang bermanfaat atau tulisan yang memang dicari orang lain". Saya tersadar dan akhirnya mulai bebenah blog, meski belum se informatif keinginan saya masih terus berusaha. 

Dalam meningkatkan Domain Authority yaitu harus membuat konten berkualitas yang memang diperlukan dan dirasakan manfaatnya oleh orang lain, maka dengan sendirinya Domain Authority blog kita akan meningkat. konten berkualitas itu adalah sebuah tulisan yang memang bermanfaat dan membuat pengunjung blog betah dalam membacanya tentu saja juga harus didukung oleh multimedia lainnya seperti gambaratau video untuk mendukung tulisan yang dimuat.

2. Memanfaatkan mesia Sosial
Media sosial mempunyai peranan yang juga tidak kalah pentingnya dalam meningkatkan Domain Authority situs kita. Bagaimana itu bisa terjadi?. Dengan memanfaatkan media sosial itu sendiri untuk menarik pengunjung ke situs kita, bagikan info situs juga sebarkan artikel-artikel yang dimuat di situs agar pengunjung bisa membacanya. 

3. Pengelolaan link artikel
Kelolalah link artikel di situs dengan saling mengaitkan pada artikel-artikel yang saling berkait agar mudah pengunjung dalam menjumpai hal yang ingin dia ketahui.



You Might Also Like

0 Comments

Like us on Facebook