Daun Pepaya Jepang, Superfood dan Bayam Suku Maya

January 08, 2020





Daun Pepaya Jepang, Apakah pernah mendengar?.
Daun Pepaya Jepang, Super food dan Bayam suku Maya. Jenis sayuran baru di Indonesia namun merupakan tanaman yang mengandung zat adiktif alias beracun yang sangat enak. Ini jenis sayuran baru yang membuat saya ingin terus memakannya, namun juga dipenuhi rasa khawatir tentang senyawa beracun yang terkandung didalamnya.

Sayur daun pepaya jepang ini berasal dari semenanjung Yucatan, dan Amerika Tengah. Sayur Superfood ini merupakan hidangan favorite bagi penduduk Amerika Tengah karena memang tidak bisa dipungkiri, rasanya yang lebih manis dibandingkan bayam biasa.

Meskipun tumbuhnya di daerah tropis namun di Indonesia tanaman sayur ini termasuk baru dan sangat sedikit orang Indonesia yang mengenalinya, jika pun ada yang mengetahui jenis sayur ini,  merekapun telah dipenuhi rasa ke khawatiran dengan isu yang beredar bahwa daun pepaya jepang pemicu kanker.

Inilah mengapa daun pepaya jepang sangat Istimewa!.

Apa itu Daun Pepaya Jepang?


Nama Aslinya Chaya disebut (Chai- yah), alias bayam pohon atau bayam suku maya. Chaya ini merupakan tanaman asli dari semenanjung yucatan dan negara bagian Tobasco. Walau juga dapat ditemukan di daerah lain namun Chaya masih merupakan tanaman yang relatif tidak diketahui oleh kebanyakan orang. dikenal sebagai sumber makanan kuno bagi suku Maya, Chaya alias daun pepaya jepang kemungkinan akan menjelama menjadi sayuran super di masa depan berkat kandungannya yang kaya nutrisi dan pengolahannya yang mudah serta kemudahan dalam membudidayakannya.

Di Indonesia dikenal sebagai daun pepaya Jepang, tidak diketahui secara pasti darimana penamaan superfood suku maya ini bisa bernama itu, asumsinya mungkin dari bentuk daunnya yang seperti daun pepaya namun jika diteliti lagi batang pohonya justru berbentuk batang ubi kayu bahkan kemudahan tumbuh tanamnya pun lebih mirip seperti batang singkong.



Manfaat Daun Pepaya Jepang

Ada banyak manfaat dari Daun Pepaya Jepang yang baru dikenal di Indonesia ini, selama beberapa generasi tanaman ini merupakan sumber makanan dan obat bagi suku maya. dan menurut USAID daun pepaya Jepang kaya akan nutrisi penting bagi tubuh : 



Selain itu Daun Pepaya Jepang juga dikatakan memiliki  manfaat bagi kesehatan sebagai berikut :

  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Membantu pencernaan
  • Meningkatkan visi
  • Mencegah varises dan wasir
  • Menurunkan kolesterol
  • Membantu mengurangi berat badan
  • Mencegah batuk
  • Menambah kalsium di tulang
  • Membusuk dan mendisinfeksi paru-paru
  • Mencegah anemia
  • Meningkatkan fungsi memori dan otak
  • Memerangi radang sendi
  • Meningkatkan metabolisme glukosa dan mencegah diabetes

Daun Pepaya Jepang tidak hanya sehat namun juga lezat, namun harus hati-hati dalam mengkonsumsinya karena Daun Pepaya Jepang mentah  mengandung senyawa Asam hidrosianat, dengan kata lain, Daun Pepaya Jepang di anggap Beracun.

Tetapi tidak perlu khawatir yang berlebihan, jika daun pepaya Jepang dijadikan lalapan mentah hanya sebanyak 5 helai daun mungkin masih belum mempengaruhi kondisi tubuh tetapi alangkah baiknya dan langkah amannya Sayuran yang kaya manfaat ini di masak terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit maka akan menghilangkan toksin yang terkandung di daunnya.

Daun pepaya Jepang bisa dikonsumsi dengan aman tanpa perlu takut keracunan dengan cara pengolahannya dimasak terlebih dahulu. Saya sering mengolahnya menjadi gulai laiknya gulai daun singkong. Asli enak banget!










You Might Also Like

12 Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Baru tahu juga nih saya sama daun pepaya Jepang T_T #terharu

    ReplyDelete
  3. Soal rasa sama gak sih mb dengan daun pepaya biasa? Kayaknya ssh didapat klo di daerahku *lampung. Ataubaku yg kurang gaul ya? xixi

    ReplyDelete
  4. Wah baru tau nih mb ada daun pepaya jepang. Sayangnya saya kurang suka jenis sayuran yang terlalu pahit 😆

    ReplyDelete
  5. Saya baru tahu ada daun pepaya jepang kayak gini. Jadi ingat mertuaku yang suka banget mengonsumsi daun pepaya.

    ReplyDelete
  6. Saya punya tanaman tersebut dipot & buat konsumsi sendiri. Waah...makasih info manffat daun ini.

    ReplyDelete
  7. Sudah sering melihat daunnya dan ingin coba petik, tapi ragu apakah nantinya bisa di makan atau tidak. Jadi ingin mencoba daun pepaya jepang ini. Sepertinya benar-benar enak dan lezat.

    ReplyDelete
  8. Wah baru tahu, pengen nyoba. Lihat masakannya jadi autolapar 😃😃

    ReplyDelete
  9. Hah, rupanya beracun ya mba? Menarik nih, apalagi buat yang doyan daun pepaya Jepang. Kalau tiba-tiba khilaf, mesti buruan inget kalau beracun hihi

    ReplyDelete
  10. Wah baru tau saya Daun Pepaya Jepang, kok rada-rada aneh gitu ya daunya seperti pepaya tapi batangnya seperti singkong dan di sebut bayam hehe

    Saya belum pernah lihat di daerahku mungkin belum ada yg membudidayakan :)

    ReplyDelete
  11. Wah, sering lihat pohon pepaya yang daunnya seperti ini. Tapi baru tahu kalau namanya pepaya Jepang. Banyak manfaatnya pula.

    ReplyDelete
  12. Diliat dr namany aku kira dr depang ternyata dr amerika xixixi
    Aku tuh suka daun pepaya kujadiin krawu mb
    Tapi belom nyoba kalau pepaya jepang pdhl manfaatny banyak y

    ReplyDelete

Like us on Facebook