Ghost Resto dengan omset 150 Juta perbulan.

January 15, 2020


Apa itu "Ghost Resto"?!
Ada bunyi horor disana, yang kemudian menjadikan pola mikir membentuk suatu bayangan mengerikan seperti restoran hantu lebih kurangnya. Membicarakan hantu maka semuanya adalah mistery alias masih bayang-bayang namun terdengar menakutkan. Apakah ada restoran hantu? yang tidak kasat mata begitu.

Ya, ada. Ghost resto merupakan usaha kuliner yang marak saat ini namun tidak memperlihatkan wujudnya atau lebih tepatnya sebuah usaha kuliner namun tidak memiliki tempat sebagaimana laiknya sebuah tempat kuliner, biasanya hanya bertempat digarasi rumah atau di gang sempit namun memiliki omset sebagaimana sebuah restoran ditengah keramaian. Ghost resto adalah kuliner maya atau sajian kuliner yang beroperasi lewat online atau delivery, tidak memiliki tempat khusus. Simpelnya restoran namun tanpa restoran, makanan yang dijual tersedia, ada yang membeli juga dan ada yang memakannya ditempat namun lebih seringnya delivery order lewat ojek online maupun via kurir. Makanan yang disediakan pun biasanya hanya sesuai dengan pesanan.

Beberapa tahun belakangan ini yang lagi hits sebagai ghost resto adalah mie pedas dengan beraneka ragam namanya seperti mie neraka, mie petir, mie pedas meleleh, dll. semuanya identik dengan rasa pedas yang sangat kuat, meski tidak terlihat restorannya namun tukang ojek online terlihat antri banyak, menunggu pesanan yang dibuatkan.

Sebuah Ghost Resto dikota Padang dikelola oleh seorang mahasiswa semester 7 hanya bertempat didalam gang sempit yang memiliki akses terbatas hanya bisa dilewati oleh motor saja, memiliki omset fantastis perbulan hingga mencapai 150 juta. 
Bagaimana bisa?. Hanya menjual indomie goreng tanpa perlu namun pedasnya yang nyentrik mendapatkan omset sedemikian besar. Begitulah mistery nya ghost resto, tidak perlu modal besar untuk sewa tempat dan memiliki aneka perna-pernik restoran yang nyaman, cukup digarasi rumah saja telah menghasilkan omset yang besar.

Menurut forbes, ghost resto mampu mengubah model bisnis restoran pada umumnya karena ghost resto memilik banyak keunggulan sehingga bisnis ini tumbuh bak jamur dimusim hujan. Diantara keunggulan ghost resto adalah :

1. Tidak perlu modal besar
Ghost resto bukan tidak memerlukan modal namun modal yang dikeluarkan tidaklah sebesar membangun restoran, contohnya karena tidak memerlukan sebuah tempat strategis sebagaimana strategi bisnis restoran yang terkadang sewa tempat seperti itu sangat mahal sehingga tidak memerlukan modal yang besar dari segi sewa tempat.

2. Sangat fleksibel
Karena ghost resto berbasis digital sehingga pemesanan tidak perlu datang ke tempat dan bahkan perubahan menu dalam katalog tidak perlu repot harus cetak ulang.

3. Multibrand
Salah satu kelebihan ghost resto yang paling saya sukai adalah ini, bisa menjual aneka macam menu tanpa perlu stok barang yang banyak serta koki yang banyak juga karena pembuatan pesanan sesuai dengan orderan yang diterima saja.

4. Delivery order
Tidak perlu mempunyai seorang kurir untuk mengantarkan pesanan makanan, namun semuanya terserah pelanggan, jika ingin memesan melalui ojek online maka pelangganlah yang membayar kurirnya.

Bagaimana, tertarik ingin bisnis kuliner berhantu ni... hehehe...
lets do it!


You Might Also Like

18 Comments

  1. duh kalo aku gak minat hehe kalo kata mamak hidup itu jangan aneh2 haha..coba bikin sebaliknya angel cullinari hehe atau peri

    ReplyDelete
  2. Menarik banget ya
    Menunya bikin penasaran:
    mie neraka, mie petir, mie pedas meleleh
    Cari ah di Bandung

    ReplyDelete
  3. Mmmm ... Aku jadi berpikir, bisa nggak usaha rumahan ibu-ibu teman-temanku yang sekedar posting PO di media sosial dan whuzzz pesanan ngaburudul itu disebut Ghost Resto? Soalnya banyak yang seperti itu. Dibayanginnya asyik banget, ahahahay ...

    ReplyDelete
  4. Ghost resto itu bs dibilang analoginya kayak ghost writer kali ya... Resto yg omsetnya gede kayak berada di lokasi strategis gitu tp sbnrnya dia gak punya tempat, di garasi apa di mana. Wow keren. Yg penting bukan t4nya tp omsetnya gitu lohh...

    ReplyDelete
  5. Ini tho namanya, aku pernah kepo sama temen yang cerita dari Ghost Resto bisa raup omzet puluhan juta. Kalau dipikir-pikir enak ya kayanya karena fokus pada makanannya walaupun tempat terbatas, tetep bisa jualan

    ReplyDelete
  6. Smenjak ada GoFood dan GrabFood, saat ini SIAPAPUN bisa banget jadi pengusaha kuliner ya Mba
    Ga butuh modal miliaran. Yang penting mau gerak,mau usaha

    ReplyDelete
  7. Tetanggaku ada, Mbak
    sebelumnya berdua kerja, terus resign buka rumah makan, sewa kemahalan, akhirnya buka di rumah tanpa plang. Ojol berdatangan, terima pesanan jumlah besar dan ngisi gubug yang di pesta pernikahan
    Yang jadi pertanyaanku, omset segitu mereka bayar pajak enggak?

    ReplyDelete
  8. Di Bali juga banyak nih mba ghost resto. Pokoknya sejak grabfood dan gofood makin populer, mengikuti lah restoran-restoran hantu ini. Hihihi. Saya pernah suatu hari pesan makanan menu paket nasi baby cumi dan paru goreng sambal ijo. Bener-bener super lezat dan nagih. Alhasil saya jadi pengen beli lagi dan lagi. Iseng-iseng saya tanya informasi pas yg punya menu telfon cek pesanan saya karena drivernya belum kunjung datang. Saya tanya di mana alamat restorannya, eh dia bilang dia gak punya restoran atau lapak buat menerima pembeli on the spot, cuma masak dari rumah aja. Duh, keren abis deh, siapa aja sekarang bisa berpenghasilan dengan membuka ghost resto.

    ReplyDelete
  9. Kakak Iparku yang mulai tertarik dengan bisnis kuliner, tapi aku belum mau join soalnya mau fokus menulis dulu. Aku suka soalnya hehe...

    ReplyDelete
  10. Ada beberapa temenku juga gitu, maju banget jadi pengen tapi sayangnya aku tuh mau masak apa ya hahaha. Aku suka jadi penikmat. Tapi nggak menutup kemungkinan pengen belajar juga.

    ReplyDelete
  11. Wahsaya baru tahu istilah ghost resto ini. Konsepnya unik sekali ya nggak ada tempat restonya tapi menunya ada, pelanggannya juga. Bahkan omzetnya bisa sampai 150 juga dan dikelola oleh mahasiswa semester 7? Keren banget mah ini... jadi tertarik juga bisnis kayak gini, hehe

    ReplyDelete
  12. Saya baru tahu istilah ghost resto ini Mbak.. Ternyata semacam itu yaa contohnya.. Usaha Kuliner emang banyak Untungnya.. Suami juga tertarik tapi kami belum memulai..

    ReplyDelete
  13. Oalah, saya baru tahu istilah Ghost Resto. Selama ini tahunya ghost writer aja. Wkwkwkw. Kirain tadi review sebuah resto lho, penasaran sama foto-fotonya. Ternyata semacam info bisnis yaa

    ReplyDelete
  14. Masya Allah omsetnyaaaaaa bisa mencapai sebesar itu yaa mbk. Ghost resto ini membantu banget buat orang yang ingin bikin usaha kuliner tanpa modal besar terutama sewa ruangan, karena dari apa yang ada di rumah juga bisa. Ide bisnis yang menarik nih

    ReplyDelete
  15. OMG omzet Gost Resto bikin ngiler pingin buka bisnis kulineran lagi. Iya sih bisnis kuliner ini memang gede banget untungnya ya.

    ReplyDelete
  16. Wuih keren ya. Kemajuan teknologi memang tak terbendung. Dan ghost resto kayak gini memberi jawaban bagi kebutuhan orang-orang di zaman sekarang. Aku nih termasuk orang yang kepengen bisnis ghost resto kayak gini. :D

    ReplyDelete
  17. Kemajuan teknologi membuka banyak peluang baru untuk meraih pundi pundi finansial ya.

    Awalnya saya penasaran di paragraf pembuka. Sama deh. Saya pikir, ini nama sebuah resto yang temanya hantu hantuan. Eh ternyata ini istilah dalam bisnis kulineran.

    ReplyDelete
  18. Wah,kmren kepadang, tapi ga tau ada ghost resto ini, kalau kesana lagi, langsung mau cari restonya😁

    ReplyDelete

Like us on Facebook