Ghost Resto dengan omset 150 Juta perbulan.

January 15, 2020


Apa itu "Ghost Resto"?!
Ada bunyi horor disana, yang kemudian menjadikan pola mikir membentuk suatu bayangan mengerikan seperti restoran hantu lebih kurangnya. Membicarakan hantu maka semuanya adalah mistery alias masih bayang-bayang namun terdengar menakutkan. Apakah ada restoran hantu? yang tidak kasat mata begitu.

Ya, ada. Ghost resto merupakan usaha kuliner yang marak saat ini namun tidak memperlihatkan wujudnya atau lebih tepatnya sebuah usaha kuliner namun tidak memiliki tempat sebagaimana laiknya sebuah tempat kuliner, biasanya hanya bertempat digarasi rumah atau di gang sempit namun memiliki omset sebagaimana sebuah restoran ditengah keramaian. Ghost resto adalah kuliner maya atau sajian kuliner yang beroperasi lewat online atau delivery, tidak memiliki tempat khusus. Simpelnya restoran namun tanpa restoran, makanan yang dijual tersedia, ada yang membeli juga dan ada yang memakannya ditempat namun lebih seringnya delivery order lewat ojek online maupun via kurir. Makanan yang disediakan pun biasanya hanya sesuai dengan pesanan.

Beberapa tahun belakangan ini yang lagi hits sebagai ghost resto adalah mie pedas dengan beraneka ragam namanya seperti mie neraka, mie petir, mie pedas meleleh, dll. semuanya identik dengan rasa pedas yang sangat kuat, meski tidak terlihat restorannya namun tukang ojek online terlihat antri banyak, menunggu pesanan yang dibuatkan.

Sebuah Ghost Resto dikota Padang dikelola oleh seorang mahasiswa semester 7 hanya bertempat didalam gang sempit yang memiliki akses terbatas hanya bisa dilewati oleh motor saja, memiliki omset fantastis perbulan hingga mencapai 150 juta. 
Bagaimana bisa?. Hanya menjual indomie goreng tanpa perlu namun pedasnya yang nyentrik mendapatkan omset sedemikian besar. Begitulah mistery nya ghost resto, tidak perlu modal besar untuk sewa tempat dan memiliki aneka perna-pernik restoran yang nyaman, cukup digarasi rumah saja telah menghasilkan omset yang besar.

Menurut forbes, ghost resto mampu mengubah model bisnis restoran pada umumnya karena ghost resto memilik banyak keunggulan sehingga bisnis ini tumbuh bak jamur dimusim hujan. Diantara keunggulan ghost resto adalah :

1. Tidak perlu modal besar
Ghost resto bukan tidak memerlukan modal namun modal yang dikeluarkan tidaklah sebesar membangun restoran, contohnya karena tidak memerlukan sebuah tempat strategis sebagaimana strategi bisnis restoran yang terkadang sewa tempat seperti itu sangat mahal sehingga tidak memerlukan modal yang besar dari segi sewa tempat.

2. Sangat fleksibel
Karena ghost resto berbasis digital sehingga pemesanan tidak perlu datang ke tempat dan bahkan perubahan menu dalam katalog tidak perlu repot harus cetak ulang.

3. Multibrand
Salah satu kelebihan ghost resto yang paling saya sukai adalah ini, bisa menjual aneka macam menu tanpa perlu stok barang yang banyak serta koki yang banyak juga karena pembuatan pesanan sesuai dengan orderan yang diterima saja.

4. Delivery order
Tidak perlu mempunyai seorang kurir untuk mengantarkan pesanan makanan, namun semuanya terserah pelanggan, jika ingin memesan melalui ojek online maka pelangganlah yang membayar kurirnya.

Bagaimana, tertarik ingin bisnis kuliner berhantu ni... hehehe...
lets do it!


You Might Also Like

0 Comments

Like us on Facebook