Khasiat dan Cara aman dalam pengolahan Daun Pepaya Jepang

January 09, 2020



Khasiat dan Cara aman dalam pengolahan daun pepaya jepang, daun pepaya jepang mengandung banyak nutrisi alias Superfood yang dibutuhkan oleh tubuh namun juga memiliki senyawa asam hidrosianat alias beracun yang juga berbahaya bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara mentah. 

Daun pepaya Jepang atau Chaya mengandung nutrisi yang dua kali atau tiga kali lebih tinggi dibandingkan sayuran hijau lainnya, dalam 100 gram daun ini terdapat kandungan protein (5,8%), serat kasar (1,9%), kalsium (199,4mg), kalium (217,2mg), zat besi (911,4mg), vitamin C (164,7mg), dan karoten (0,085mg. Juga didalam 100 gram daun pepaya jepang mentah mengandung senyawa beracun sebanyak 27 - 42 mg, jika dikonsumsi dalam kondisi mentah sebanyak 100 gram akan sedikit berbahaya. Makanya di negara asalnya semenanjung Yucatan, Daun pepaya jepang selalu direbus dengan air mendidih untuk kemudian mengolahnya kembali.

Daun Pepaya Jepang atau Chaya, bagi masyarakat Amerika Tengah dikonsumsi sebagai sayuran dan tanaman obat, karena memang dari segi nutrisi daun pepaya jepang memiliki nutrisi yang cukup tinggi sehingga berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Bila dibandingkan dengan bayam, daun ini jauh lebih bernutrisi: 78% lebih banyak proteinnya, 111% lebih banyak serat, 100% lebih banyak zat besi, dan 242% lebih banyak vitamin C. 

Khasiat Daun pepaya jepang

Melihat nutrisinya yang tinggi daun pepaya jepang ini sangat berkhasiat untuk kesehatan :

Meningkatkan kekuatan otot

Daun pepaya jepang atau chaya mengandung protein yang cukup besar untuk membantu memenuhi kebutuhan protein bagi otot-otot. Dalam 100 gram daun ini terdapat 6,2 – 7,4 gram protein yang memenuhi 12 – 15 % dari kebutuhan protein harian. Sudah tidak asing lagi, protein merupakan satu pendukung pasti dalam membangun dan menjaga kekuatan otot.

Menambah darah dan mencegah Anemia

Daun bayam terkenal sebagai sayuran penambah darah dan pencegah anemia yang lumayan bagus karena mengandung banyak zat besi. Tetapi ternyata daun pepaya Jepang atau chaya punya kandungan zat besi 100% (atau 2 kali) lebih banyak daripada daun bayam. Sehingga mengkonsumsi daun pepaya jepang berpeluang dua kali lipat dalam mendapatkan zat besi dibandingkan mengkonsumsi bayam.

Memperkuat daya tahan tubuh

Daun pepaya jepang memiliki kanudngan vitamin C yang tinggi yaitu (165 – 205 mg / 100 g), Vitamin C merupakan antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan daya tahan tubuh. 

Melancarkan pencernaan

Daun pepaya jepang mengandung serat yang 111%  lebih banyak dibandingkan serat yang ada di dalam sayur bayam. 

Melindungi kesehatan mata

Dalam 100 g daun chaya, terdapat 1.357 IU vitamin A yang memenuhi sekitar 27% dari kebutuhan vitamin A harian.

Memperkuat kesehatan tulang

Daun pepaya jepang atau chaya mengandung kalsium sebesar 200 – 330 mg / 100 g, memenuhi sekitar 20 – 33 % kebutuhan kalsium harian dan lebih banyak daripada yang dimiliki jenis-jenis sayuran lainnya.

Cara aman dalam pengolahan daun pepaya jepang

Karena kandungan senyawa beracun yang ada pada daun mentahnya maka perlu diperhatikan dalam mengolahnya, sebelum diolah menjadi minuman juz, tumisan dan juga gulai daun pepaya jepang terlebih dahulu di cuci bersih kemudian direbus dalam air mendidih selama 10 menit, angkat dan tiriskan kemudian olah sesuai dengan keinginan.







You Might Also Like

0 Comments

Like us on Facebook