Manfaatkan Media Sosial sebagai lahan pekerjaan

January 14, 2020



Masa terus berevolusi dengan kecanggihan demi kecanggihan baik dalam tekhnologi maupun dalam pemikiran, jika dahulu saat pertama kali saya mengenal HP hanya ada hp berantena dan beratnya luar biasa sekarang semuanya berubah jauh. ada smartphone yang canggih bisa membuat segala sesuatunya berasa dekat meski jauh sekali jika dihitung dalam ukuran kilometer.

Saat ini hampir merata masyarakat berusia 20 an telah memiliki smartphone bahkan yang usia remaja pun telah memilikinya, karena smartphone ini telah mencipatkan dunia menjadi datar, keterbukaan informasi yang bisa dinikmati hanya dengan menggoyangkan jari jemari. Disana ada salah satu media yang sangat mempengaruhi pemikiran, pola hidup dan gaya masyarakat. Namanya media sosial.

Media sosial merupakan sebuah media online, dengan para penggunanya bisa berkomunikasi dengan mudah, berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Semua media sosial itu sangat umum digunakan oleh masayarakat di seluruh dunia.

Media sosial ini juga sebagai wadah untuk bersosialisasi antara satu sama lain yang dilakukan secara online serta memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Media sosial ini telah menjadikan manusia dimungkinkan untuk berkomunikasi satu sama lain dimanapun mereka bereda dan kapanpun, tidak peduli seberapa jauh jarak mereka, dan ttidak peduli siang atau pun malam.

Begitu besarnya dampak media sosial bagi manusia pada kehidupan saat ini, ada dampak negatif yang sering sekali menghiasi headlines berita mulai dari tindakan pelecehan yang membuat jiwa bergejolak mencak-mencak "Kok ada manusia seperti itu?", bahkan tindakan kriminal yang membuat kita bergidik ngeri dan berucapa "Betapa tidak berharganya nyawa seseorang saat ini", namun berbanding terbalik dampak positifnya sudah pasti juga mengiringi. Bukan sedikit mereka yang sukses secara finansial, politik maupun sosial masyarakat karena sumbangsih media ini. sebagaimana kita ketahui : Seseorang yang asalnya “kecil” bisa seketika menjadi besar dengan Media sosial, begitupun sebaliknya orang “besar” dalam sedetik bisa menjadi “kecil” dengan Media sosial.
Sungguh, Luar biasa...
Saat ini saya cuma ingin membahas dampak positifnya saja, karena dampak negatif tidak perlulah kita bahas dan bicarakan kecuali sebagi peringatan ada banyak bahaya mengintai selalulah waspada dan jangan terlalu berlebihan dalam mengekspose segala sesuatu karena berlebihan itu sifat mubazir yang mungkin bisa berakibat buruk, meski bukan hanya melalui media sosial.
Apabila kita dapat memnfaatkan media sosial, banyak sekali manfaat yang kita dapat, sebagai media pemasaran, memperbanyak networking dan koneksi, tempat perdagangan, memperluas pertemanan, lowongan pekerjaan dan lain sebagainya.\
Orang yang pintar dapat memanfaatkan media sosial untuk mempermudah hidupnya, memudahkan dia belajar, mencari kerja,  mengirim tugas, mencari informasi, berbelanja, dll.
Media sosial menambahkan kamus baru dalam pembendaharaan kita yakni selain mengenal dunia nyata kita juga sekarang mengenal “dunia maya”. Dunia bebas tanpa batasan yang berisi orang-orang dari dunia nyata. Setiap orang bisa jadi apapun dan siapapun di dunia maya. Seseorang bisa menjadi sangat berbeda kehidupannya antara didunia nyata dengan dunia maya, hal ini terlihat terutama dalam jejaring sosial.
Memanfaatkan media sosia sebagai lahan pekerjaan mungkin sedikit rancu terdengar di gendang telinga, namun bukanlah satu hal yang janggal karena perkembangan tekhnologi telah mempengaruhi setiap lini pola kehidupan, jika dahulu masyarakat berbelanja hanya melalui warung terdekat ataupun minimarket dan supermarket saat ini segala sesuatunya bisa didapatkan secara online melalui e-commerce, tidak ada yang sulit demikian ucap mereka yang memanfaatkan kecanggihan tekhnologi ini.
Lahan pekerjaan dengan memanfaatkan media sosial adalah trend yang harus kita jajaki saat ini. Karena kita harus berubah seiring berkembangnya zaman karena jika tidak zaman yang akan melindas kita dan akhirnya kita tidak mendapatkan apa-apa.
Jenis Pekerjaan di Media Sosial 
1. Influencer Marketing
Influencer merupakan seseorang yang memiliki pengikut atau Followers banyak dan mempunyai pengaruh yang kuat bagi pengikutnya. Influencer biasanya adalah artis, selebgram maupun youtuber.  Berkembangnya penggunaan media sosial memunculkan orang-orang yang dianggap sebagai tokoh di media sosial. Kenapa Influencer merupakan jenis pekerjaan di media sosial?!
Karena seseorang yang disebut influencer itu memilik pengaruh yang kuat pada pengikutnya maka sering kali influencer menjadi pekerjaan indah nan menggiurkan saat ini, Karena jumlah pengikutnya banyak, setiap unggahan mereka di media sosial mereka, selalunya bisa mendapat ratusan, ribuan hingga jutaan like, komentar, ataupun viewers. Sehingga melihat pengaruh mereka yang sangat tinggi terhadap pengikut maupun masyarakat, perusahaan -perusahan akan menggunakan influencer (artis, selebgram, youtuber, blogger, dan sebagainya) untuk mempromosikan produk atau jasa perusahaan itu. Inilah yang dikenal dengan influencer marketing.
Tarif harga untuk influencer marketing dalam mempromosikan barang ataupun jasa (endorse) perusahaan bermacam-macam tergantung tingkat kepopulerannya. Jadi bagaimana, tertarik?!
Benahi media sosialmu dan jadilah seorang yang kreatif dan inovatif dalam mengelola media sosial milik kita sehingga bukan hal yang mustahil menjadi influencer marketing.
2. Pedagang Online
Berdagang bukanlah pekerjaan yang akan menjatuhkan martabat hingga bisa membuat seseorang merasa rendah diri karena berpredikat sebagai pedagang, tidak sedikit yang saya jumpai pada anak-anak sekarang ini merasa gengsi jadi pedagang padahal pedagang itu salah satu pintu rezeki yang paling banyak mengantarkan para pelakunya menjadi seorang milyuner, ya hanya mereka para pedagang yang mampu bebas finansial dalam bahasa elitnya mereka disebut bisnisman or bisniswoman. Lantas pada kecanggihan tekhnologi saat ini pedagang online merupakan jenis pekerjaan yang paling banyak digandrungi karena kemudahannya serta tidak perlu repot memikirkan sewa toko yang akan menyedot modal.
Jadi, jenis pekerjaan dari media sosial adalah pedagang online. mulailah berfikir luas seperti para pebisnis karena hanya mereka yang bisa membaca peluang yang akan terus bertahan.
Saat ini hanya ini dulu yang mampu saya tuliskan lain kali kita sambung lagi.


You Might Also Like

1 Comments

Like us on Facebook